Ditemukan Bintang Baru Kesepian

Gumpalan tersebut melahirkan bintang baru di tempat yang tidak biasa
Planet (AP Photo/Zina Deretsky, National Science Foundation)
 
Hubble Space Telescope menemukan gumpalan raksasa hijau di angkasa dan diperkirakan berupa makhluk hidup. Gumpalan tersebut melahirkan bintang baru di tempat yang tidak biasa. Kelahiran bintang baru hanya terjadi dalam beberapa juta tahun sekali.Gumpalan ini pertama kali ditemukan seorang guru asal Belanda Hanny van Arkel pada tahun 2007 dan menamakannya Hanny's Voorwerp. Voorwerp sendiri berarti objek dalam bahasa Belanda.

National Aeronautics and Space Admistration merilis temuan gumpalan itu pada pertemuan di Seattle Amerika Serikat. Bagian dari gumpalan hijau runtuh dan tekanan yang dihasilkannya menciptakan bintang-bintang. Kelahiran bintang baru ini berada di luar galaksi yang normal, yang biasanya di mana bintang tinggal."Ini yang membuat bintang baru tersebut kesepian karena berada di antah berantah," kata Astronomo University of Alabama Bill Keel, yang melakukan penelitian terhadap gumpalan raksasa hijau seperti dikutip dari AP.

Gumpalan tersebut berukuran sama dengan Milky Way Galaxy dan jaraknya sejaub 659 juta galaksi. Gumpalan tersebut bersinar akibat penerangan dari Quasar pada salah satu galaksi. Quasar adalah objek terang yang memiliki energi dimana diaktifkan oleh lubang hitam.

0 komentar:

Posting Komentar